[Linux]Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot


Di postingan ini saya ingin menambah satu topik baru di blog ini. Yaitu mengenai Linux. Berbicara soal Linux, sejatinya saya bukanlah pengguna komputer yang mahir menggunakan sistem operasi Linux. Gak sampai mengenal sampai ke hal yang lebih intim dari suatu sistem operasi Linux.

Belum lama ini Canonical merilis Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Ada hal yang membuat saya pada akhirnya jatuh cinta dengan versi terbaru dari distro Linux yang populer ini. Sampai-sampai merelakan menghapus windows di PC saya. Sebelumnya saya pernah menjajal Ubuntu Maverick Meerkato setelah saya cukup lama vakum menggunakan Linux. Ada hal yang membuat saya merasa kurang familiar, yaitu terkait dengan Desktop Unity. Belum terbiasa aja dari yang biasanya menggunakan Desktop GNOME transisi ke Desktop Unity. Kalau KDE mah cukup ngerti soalnya pernah pakai Kubuntu. Meski sebenernya bisa saja diubah menjadi Desktop GNOME, tapi ogah juga c meski otak-atik lebih jauh. Apalagi saat itu saya hanya sekedar testing tanpa ada niatan untuk bener-bener menggunakan Linux secara default dalam kegiatan komputerisasi saya. Sampai pada akhirnya saya menjajal Ubuntu oneiric yang bikin saya cukup menyukai untuk dipakai secara default di PC saya.

Kemunculan Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot tentunya membuat saya kembali untuk mencicipinya. Dan karena saya coba menjelajahi beberapa hal yang ada di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dengan desktop Unity-nya, pada akhirnya saya bener-bener mulai kepincut dan rela mengganti Windows yang ada di PC saya.

Dulu ada kendala buat saya untuk menggunakan Linux, karena keterbatasan space harddisk yang udah sangat limit dan kayaknya si susah hehe. Berhubung saya punya belahan jiwa baru, akhirnya saya bisa juga dengan senang hati menjajal distro-distro Linux dengan virtual machine atau sekedar testing secara Live CD, dan kalau ada yang cocok baru di install ke PC. Dan semoga saya bisa sedikit demi sedikit migrasi dari Windows ke Linux seperti janji saya kepada diri sendiri. Mengurangi dosa saya menggunakan software bajakan, hihihihihi…… ^_^’

Enak juga ternyata pakai Linux dengan terhubung ke internet. Install software jadi sangat mudah. Gak lagi bergantung pada repository.
Lebih jauh lagi dari postingan ini saya bagikan dalam bentuk screenshot yak.

Desktop

Lagi suka desktop ini hehe. Menu yang ada disebelah kiri dinamakan Unity.

Dash Home

Dash Home inilah yang awalnya bikin saya kurang familiar banget. Tapi setelah dibiasakan malah jadi fitur yang menarik. Di GNOME 3 juga sepertinya menarik.

Ubuntu Software Center

Install aplikasi di Linux Ubuntu makin mudah dengan adanya Ubuntu Software Center. Tinggal klik aplikasi yang mau diinstall. Tentunya harus terkoneksi dengan internet. Fitur ini juga yang akhirnya bikin saya betah pakai Ubuntu. Dibandingkan waktu dulu masih pakai Sypnatic Package Manager, jelas saya lebih suka Ubuntu Software Center. Di Linux Mint juga ada fitur serupa. Gak tau distro Linux yang lainnya juga ada apa kagak.

Ubuntu Software Center Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Aplikasi favorit yang saya pakai

– Pidgin, sebagai apliaksi chatting (IM ~ Internet Messaging).

Default di Ubuntu 11.10-nya menggunakan Empathy Internet Messaging. Karena kurang begitu suka, saya ganti dengan Pidgin yang udah cukup familiar.

– Comix, sebagai pembaca komik digital.

Jadi enak baca komik digital koleksi saya dengan aplikasi Comix ini.

– The Battle for Wesnoth (games)

Salah satu game strategi di Linux yang saya suka.

– Wine, untuk menjalankan aplikasi Windows

Jadi aplikasi Windows yang biasanya berupa installasi dotexe bisa dijalankan dengan Wine. Tapi belum tentu semua aplikasi Windows bisa diinstall atau dijalankan di Linux dengan bantuan aplikasi Wine. Buat saya aplikasi Wine wajib diinstall di Linux.

– AIMP Music Player

Install AIMP tentunya dengan dukungan aplikasi Wine. Banshee Media Player (music/media player bawaan Ubuntu 11.10) juga masih saya pakai.

– VLC Media Player

Movie Player cukup bagus tapi ada yang lebih bagus, yaitu VLC Media Player

– Cheese Webcam Booth

Aplikasi buat webcam. Fiturnya komplit, malah lebih komplit dibandingan aplikasi webcam bawaan Eee PC di Windows.

– Dan masih banyak lagi aplikasi tambahan sebagai penunjang kegiatan komputerisasi saya menggunakan Linux Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

Oya, saya install Ubuntu-nya yang intallasi DVD (1.6 GB). Gak pengen terlalu direpotkan dengan installasi codec dan lain sebagainya. kalau install yang installasi CD. Pengen yang ringkas pokoknya.

Berbicara efek Compiz, tadinya pengen saya kasih efek wah. Install CompizConfig Manager dan setting sana-sini, eh malah muncul masalah sampai bingung ngebenerinnya. Pada akhirnya install ulang Ubuntu… hahahaha… solusi pasrah…. Kayaknya gak support ama desktop Unity. Avant Windows Navigator (AWN) yang seperti dock di MacOS X juga sepertinya gak support ama desktop Unity. Ya kalau pendapat saya salah, mohon dikoreksi. Maklum saya pengguna Linux pemula. Meski saya kuliah jurusan TI, bukan berarti saya dituntut harus ngerti banyak lho ya. Kalau sekedar tahu mah oke, kalau tahu lebih banyak ya gak oke, hohohohoho…. #_#

Hayo siapa yang pakai Linux Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot? Tos dah…. Mantab.

7 pemikiran pada “[Linux]Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

  1. Mantabb… isinya cihuy :p, ntar sharing open sourcenya yak ^^

  2. iyah nanti di update lagi yah…makasi yak

  3. wow sudah pake yang Oneiric Ocelot , ane masih pake yg Natty Narwhal. keren gan

  4. hahaha iya sist skrg mozilla thunderbird sudah jd default buat emailnya hoho
    tapi agak berat nih si oneiric sama kayaknya sudah ndak support sama ConfizFusion..krmin wktu pertama makai lgsg saya pasang compiz eh malah ilang tuh panel2 di dekstop terminalnya juga pada ilang😛 masih ada bugs nya ternyata ..ntar aj sist gantinya yg LTS aj long term support utk jangka waktu 5 tahun..ajib ndak tuh hoho

  5. wallpaperny keren juga y sistt…🙂

  6. kenapa pas isntal linux.. malah download.. padahal udh full instalernye

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s