[Pemrograman]Perbedaan Ruby dan Ruby on Rails


Hello hello baru beberapa jam yang lalu saya baca artikel yang cukup menarik,masih kelanjutan post dari sub menu baru tentang pemrograman ruby,banyak yang bertanya-tanya apa sih perbedaan ruby dan ruby on rails dan setelah googling-googling di yahoo [bercanda]:p nemulah beberapa statement yang menjelaskan perbedaan secara gamblang tentang keduanya,silahkan di cermati :

1. rails itu web framework untuk ruby. banyak sekali kemudahan yg ditawarkan oleh rails karena bahasanya yg bersifat murni OOP dan mendukung basic CRUD secara otomatis ( Create, Retrieve, Update Delete )
kita hanya tinggal menentukan database kita dan otomatis rails akan membuatkan prosedur standar dalam web app yaitu CRUD itu tadi.
menulis program menggunakan rails sangat menghemat waktu. dengan menggunakan Rails, kita bisa membuat blog engine hanya dalam waktu 15 menit ( http://rubyonrails.com/screencasts )

pokoknya cobain dulu deh install ruby on railsnya. kalau mau manual bisa pergi ke http://www.rubyonrails.com/down
atau kalau mau yg auto bisa pake instant rails di http://rubyforge.org/frs/?group_id=904

2. mendingan dari pade ngebedaain, cari persamaannya, kate “David A Black”
orang yang duluan nge-hack ROR duluan di bandingkan ke Ruby, bagaikan di
dalam Aquarium yang di dalam air yang sama, mendingan aquarium tersebut
di pecah aja biar bisa gabung ama ikan ikan yang laen. nah baca aja deh
bukunya si “David A Black” “RUBY FOR RAILS” biar maken manteb

ya betul, jangan sangka orang yang belajar rails dulu baru abis itu dia
ke ruby ga pinter, contohnya tobias aja yg bikin typo bisa hebat gitu
padahal dia ngoprek rails dulu tuh, baru ruby.

tergantung gimana mental orangnya sih. imho orang yg biasa pake
framework yg rumit biasanya gak peduli ama blackbox, asal jalan yg
penting ngerti API-nya aja udah cukup. Rails bisa dibilang framework
tapi saya sendiri lebih suka bilang dia helper.

Kalo bingung coba bayangkan begini, tau bedanya antara Gundam dan
Kamen Rider? Kalo gundam itu kompleks, raksasa dan powerful,
dikendalikan melalui kokpit dengan panel-panel yg super rumit. Kalau
kamen rider walaupun ukurannya sama ama manusia tapi dia bukan manusia
biasa karena sudah mendapat wangsit dari raja kecoa untuk memberantas
kejahatan dimuka bumi. Kamen rider tidak perlu interface rumit dia
hanya membungkus manusia loyo jadi manusia powerful, plus seperangkat
onderdil hibah dari kerajaan kecoa.

Sorry hanya mencoba melucu aja, analoginya kalo framework itu Gundam
kalo Kamen Rider itu rails, bisa gak yah begitu? ini hanya dalam benak
saya aja.

Buku itu, well, karna saya dulu ceritanya dari ruby dulu, baru kemudian
rails, it’s too basic i think.. yang bagus itu ada tuh: Ruby Quiz yang
hasil kumpulan James .. kalo sampe dibukukan gitu lebih enak aja buat
yang manja ngelihat source code tanpa buku🙂

Ayo bilang sama bosnya minta beli’in gitu :p biar pinter algoritmanya,
ruby way nya..

ruby termasuk kode yg paling enak dibaca, temen gw sampe bilang “eh
ini kok kaya’ bahasa inggris sih?”🙂

Kalau ada yg pengin tahu filosofi Ruby baca aja wawancara dengan si
pembuatnya, ada empat seri dan sangat menarik.
http://www.artima.com/intv/ruby.html

Gimana sudah ada pencerahan ?dari kesimpulan yang saya dapat ternyata ruby adalah sebuah pemrograman dan ruby on rails adalah framework untuk ruby🙂

–Case Closed–

CEO & Founder Newbie Ilmu

Anugrah Bagus Susilo

Satu pemikiran pada “[Pemrograman]Perbedaan Ruby dan Ruby on Rails

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s