[Linux]Sekilas tentang WINE Linux(Wine Is Not an Emulator)



Hello hello,tadi ada yang message ke saya bertanya tentang WINE Emulator di linux,dia bertanya aplikasi apa saja yang bisa jalan di linux dengan WINE.Apakah semua software diwindows bisa di jalanin dengan WINE?
eitz sabar dulu sebelumnya akan di bahasa dulu apa itu wine,sejarah dan fungsinya.

Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.

Nama “Wine” merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk “WINE” dan “wine”, pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai “Wine”.

Wine adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Proyek Wine pada mulanya merilis Wine di bawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, tetapi pada Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.

Pengembang Wine merilis versi beta yang pertama (Wine versi 0.9) pada 25 Oktober 2005 setelah 12 tahun pengembangan. Dan baru -baru ini Wine sendiri telah merilis versi 1.3 .

Perkembangan Wine
Hingga saat ini Wine telah rilis versi 1.3 .Pada versi terbaru ini memiliki banyak dukungan feature terbaru ,seperti aplikasi ,serta game yang lebih banyak .Dengan Wine kita juga dapat langsung mendownload game maupun Aplikasinya tanpa harus mencari link download.

Fungsi Wine
-Menginstalasi Aplikasi Microsoft Office . -Menginstalasi Game ,seperti plans vs zombie ,dll -Menjalankan aplikasi ekstensi .exe lainnya seperti Menginstall Emulator Ps1 ,Ps2 bahkan Ps 3.

dan yang terakhir berikut ini macam-macam aplikasi yang bisa jalan di linux dengan WINE.

Game

  • Starcraft
  • Counter Strike
  • Warcraft

Aplikasi

  • Adobe Photoshop CS3
  • AutoCAD
  • Adobe Flash CS3

More Information klik link ini >>
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Wine_%28perangkat_lunak%29
Semoga bermanfaat🙂

Founder Tamyiz Soft

Anugrah Bagus Susilo

2 pemikiran pada “[Linux]Sekilas tentang WINE Linux(Wine Is Not an Emulator)

  1. Mas Bagus, ada klasifikasi aplikasi exe/msi yang tidak bisa jalan smooth di linux meskipun sudah pakai WINE….?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s