[Opini]GNUMed,Software Open Source untuk Rekam Medik


Gnumed adalah software opensource untuk praktek medis. Jika latihan (atau praktik yang Anda lakukan untuk TI) sangat membutuhkan sistem pencatatan elektronik, dan Anda tidak mau harus mengeluarkan uang anda seluruhnya hanya untuk membeli software proprietary maka GNUMed solusinya, Gnumed mungkin akan menjadi tools yang sempurna untuk Anda .

Gnumed sendiri dikembangkan oleh dokter dan programmer dari seluruh dunia dan telah mendapatkan banyak pujian. Gnumed ini dibagi menjadi klien dan server backend dan dilepaskan untuk kedua platform Linux dan platform Windows. Untuk menggunakan Gnumed Anda harus memiliki Server dan Running. Anda bisa melihat demo Gnumed dengan menghubungkannya ke salah satu database demo publik.

Untuk tujuan pengantar artikel ini , kita akan terhubung ke server demo publik. Dalam artikel ini juga saya akan menguraikan pengaturan server backend untuk Gnumed.

Tahap Instalasi

Untungnya Gnumed Client akan ditemukan dalam repositori distribusi Anda. Jadi untuk menginstal perangkat lunak Anda hanya perlu ikuti langkah berikut:

  • Buka Software Center anda.
  • Cari “gnumed” (tanpa tanda kutip).
  • Pilih hasil untuk instalasi.
  • Klik Apply untuk menginstal.


Setelah terinstal aplikasi dapat dimulai dari Office sub-menu di Menu Aplikasi. Saat pertama kali anda akan disambut oleh jendela koneksi. Pada windows ini anda harus memasukkan identitas agar terhubung ke server.
Namun bagi yang hanya ingin menguji Gnumed maka anda harus menghubungkannya ke server uji publik. Berikut adalah informasi agar anda terhubungkan ke server publik:

Backend: database Gnumed publik
username: any-doc
password: any-doc

Setelah otentikasi berhasil Anda akan disambut dengan layar selamat datang dan memperingatkan Anda bahwa ini adalah database yang dapat diakses publik, setiap data yang Anda tambahkan akan hilang. Setelah Anda OK,Anda akan melihat jendela lain yang mengharuskan Anda untuk mengatur bahasa database. Secara default bahasa akan menjadi “None” dan perlu diatur (untuk demo) untuk “en_US”. Untuk melakukan ini semua yang perlu Anda lakukan adalah klik tombol Set.

Setelah bahasa database diatur jendela utama akan terbuka. Seperti yang Anda lihat, semua pasien yang masuk akan tercantum dalam jendela ini. Dari sini Anda dapat melakukan apa saja yang perlu Anda lakukan.

Mungkin akan ada yang bertanya. Apa yang dapat Anda lakukan dengan Gnumed?
yah fitur GNUMed meliputi:

  • Manajemen Pengangkatan
  • Manajemen Klien
  • Manajemen Staf
  • Catatan Alergi Pasien
  • Mempunyai Bentuk dan huruf.
  • Pesan Masuk
  • Melacak kemajuan pasien.
  • Jurnal Dokter
  • Manajemen Dokumen
  • Informasi obat.
  • Built-in generator laporan.

Notes: Kelemahan nya yang saya temui adalah database publik cukup lambat,Namun jangan khatawtir ini di sebabkan karena menggunakan database publik, karena Gnumed berjalan jauh,jadi bila anda ingin menggunakannya lebih maksimal anda bisa menggunakan backend lokal.

Jadi kesimpulan yang saya dapat setelah menggunakan aplikasi ini adalah Gnumed adalah software opensource yang luar biasa untuk praktek medis. Dengan fitur yang sama persis dengan software proprietary yang sangat mahal, seakan-akan tidak terlihat lagi ini adalah sebuah aplikasi yang opensource dan kita selayaknya memberikan applause dan jempol kepada para dokter dan programmer yang ikut mendevelop aplikasi ini yang rela tidak bayar namun untuk kesejahteraan umat tidak memandang ras ,agama,budaya dll . Kedepannya,Gnumed akan menyiapkan server backend sehingga Anda bisa mulai benar-benar menggunakan Gnumed untuk latihan anda dengan lancar.

Silahkan mencoba aplikasi ini bagi anda yang bekerja ataupun belajar tentang kesehatan terutama yang berkaitan dengan fitur aplikasi ini,mari majukan dunia kesehatan indonesia dengan aplikasi yang opensource demi kepentingan umat yang lebih baik. Jika anda mempunyai saran dan ingin berkonstribusi silahkan sematkan saran anda ke sini

Yang terakhir yang ingin saya ungkapkan adalah software Open source bukan hanya untuk kita-kita anda IT namun ada baiknya semua lapisan masyarakat dapat menggunakan dan merasakan manfaatnya,kalau anda yang tidak memulainya dari sekarang,Siapa lagi? silahkan sebarkan ke teman-teman kalian informasi ini ,ingat satu hal ,mungkin jika anda menyebarkannya anda tidak akan sakit,jatuh miskin,kehilangan rumah dan kehilangann pekerjaan anda namun bila anda tidak menyebarkan maka bangsa ini akan terus begini-begini dari masa ke masa,jutaan atau bahkan milyaran biaya keluar hanya untuk membeli produk proprietary yang seharusnya sudah harus ada alternative lain .

Saya ucapkan terima kasih kepada anda yang bersedia meluangkan waktu untuk membaca artikel yang sederhana ini. Wassalam🙂

Wirastawan Tamyiz Soft

Anugrah B Soesilo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s