[Linux]Akses File Manager via Terminal dengan Midnet Commander


Midnight Commander adalah aplikasi konsol dengan user interface teks. Antarmuka utamanya terdiri dari dua panel yang menampilkan sistem file. Seleksi berkas dilakukan dengan menggunakan tombol panah, tombol insert digunakan untuk memilih file dan Fungsi Tombol melakukan operasi seperti nama, mengedit dan menyalin file. Kemudian versi dari Midnight Commander tambahan memiliki dukungan mouse.

Fitur Midnight Commander meliputi kemampuan untuk melihat isi dari file paket RPM, berfungsi sebagai FTP. Midnight Commander juga termasuk editor yang disebut mcedit, yang dapat dieksekusi sebagai program mandiri atau dari Midnight Commander menggunakan tombol F4. Fitur mcedit meliputi sintaks untuk banyak bahasa, macro, potongan kode, integrasi sederhana dengan alat eksternal, indentasi otomatis, dukungan mouse, clipboard, dan kemampuan untuk bekerja di mode ASCII dan hex. User juga memiliki pilihan untuk menggantikan mcedit dengan editor pilihan mereka (Menu Pilihan> Konfigurasi>

Jika anda ingin mencobanya silahkan tuliskan script berikut diterminal anda :

sudo apt-get install mc

jika anda ingin menggunakannya cuku ketikan “mc” diterminal anda,untuk bantuan manualnya silahkan ketikan “man mc”. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s