[Linux]5 Majalah Open Source Gratis


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم

Setiap orang mempunyai cara berbeda-beda dalam memperoleh informasi, ada yang biasanya membaca buku, membaca berita, melihat televisi dan yang lainnya.  Sebagai salah seorang penggiat open source saya juga mempunyai cara sendiri yang saya kira layak untuk ditiru oleh teman-teman, yaitu membaca majalah open source yang biasanya terbit tiap bulan (biasanya terbit di akhir bulan) , majalah ini ada yang dari luar negeri maupun dari dalam negeri dan berikut reviewnya.

1. Full Circle Magazine

fcm

Full Circle Magazine atau yang lebih dikenal dengan sebutan FCM adalah salah satu majalah yang saya tunggu-tunggu kehadirannya setiap bulan, majalah ini biasanya terbit di akhir bulan. FCM sampai sekarang sudah mencapai edisi yang ke-83, sebuah pencapaian luar biasa yang layak ditiru oleh penggiat majalah open source dalam negeri. Salah satu rubrik yang saya tunggu adalah rubrik my desktop yang menghadirkan berbagai macam tampilan destop dari para pemakai linux ubuntu dan turunannya, dimana beberapa waktu yang lalu desktop saya sempat terpampang di situ #pasangmukamalu

Website : fullcirclemagazine.org

2. GIMP Magazine

gimpm

GIMP Magazine adalah majalah yang mengulas tentang perangkat lunak GIMP, GIMP adalah “photoshop” nya linux, mempunyai fitur yang lengkap dan mudah digunakan. GIMP Magazineyang bertujuan untuk mempublikasikan empat isu dalam setahun ini bersifat free atau gratis. Bagi anda yang ingin menjadi master GIMP anda disarankan membaca majalah ini.

website : gimpmagazine.org

3. The MagPi

magpi

Bagi anda pecinta perangkat keras open source Raspberry Pi seperti saya, the magpi adalah majalah wajib yang harus anda baca, Majalah ini mengulas tentang berbagai macam penggunaan raspberry pi seperti untuk server, hometheater, cctv, robot ,sistem operasi , game nintendo dan lain-lain. bagusnya selain menyediakan majalah gratis didalam setiap sesi yang dibahas juga dilampirkan kode untuk diunduh sesuai bab yang dibahas

website : www.themagpi.com/

4. Majalah Linux Biasawae

biasawae

Ini merupakan majalah yang digadang-gadang sebagai penerus infolinux yang sekarang sedang mati suri, majalah ini menggunaan bahasa indonesia agar memudahkan orang yang awam tentang linux memahami linux secara sederhana namun mengena. Dengan pembahasan yang menarik dan antarmuka yang baik majalah ini layak dijadikan sandaran untuk kebangkitan F/OSS dalam negeri.

website : http://omahbiasawae.com/e_majalah_linuxbiasawae

5. Nyankod

nyankod

Nyakod (Nyanyian Kode) adalah majalah yang membahas tentang pemrograman secara menarik dan interaktif, pembacanya akan merasakan perbedaan yang besar, karena bayangan yang kerap dihadirkan ketika kita mendengarkan pemrograman adalah ngeri dan menakutkan, para kontributor di nyankod coba menghadirkannya dengan berbeda. Dengan pembahasan pemrograman yang nyeleneh namun mengesankan majalah ini sangat layak dibaca oleh kalangan mantan programmer, programmer, calon programmer, bakal calon programmer dan pengamat programmer dalam negeri.

website : http://www.nyankod.com/magz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s