[Solved] Tidak Bisa Memutar Video Flash di Blankon Tambora


adobe-flash-player-linux-001

Memutar video lewat awan kadang sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi kita, nah kadang menjadi sangat menyebalkan jika peramban web Anda tidak bisa memutar video tersebut karena tiadanya (Adobe) Flash Player. Flash Player adalah sebuah perangkat lunak untuk multimedia, Rich Internet Applications, dan streaming video dan audio, pada komputer web browser.

Flash Player sendiri umumnya terintegrasi langsung dengan Google Chrome. Namun sayangnya Flash Player tidak memberi dukungan penuh untuk platfrom Linux. Namun jangan khawatir karena masih ada ada alternatif yang bisa digunakan yakni Pepper Flash Player.

Pepper Flash Player is a non-free (proprietary) software. It’s also closed source and not supported by Debian. Have you considered using a free and open source alternative, which is community-owned and supported by Debian, such as Gnash, Lightspark, Shumway or SwfDec ?

Arsitektur 32 bits

Pepperflashplugin-nonfree ini tak akan selamanya tersedia bagi para pengguna arsitektur 32-bits, ini sejak google chrome menghentikan dukungannya untuk arsitektur ini. Namun plugin ini masih tersedia di website Adobe. DOWNLOAD 

Setelah di download sila saja untuk mengekstraknya dengan perintah berikut :

tar -zxvf flash_player_ppapi_linux.i386.tar.gz

Kemudian copykan berkas libpepflashplayer.so ke usr/lib/pepperflashplugin-nonfree 

cp path/to/extracted/libpepflashplayer.so /usr/lib/pepperflashplugin-nonfree/

Terakhir restart peramban yang Anda gunakan. Jika masih belum berhasil, sila kunjungi referensi yang saya cantumkan di akhir artikel ini. Selamat mencoba!

Referensi :

[1] https://wiki.debian.org/PepperFlashPlayer/Installing

[2] https://helpx.adobe.com/flash-player/kb/enable-flash-player-google-chrome.html

Iklan

[SOLVED]Menampilkan Dual Layar Monitor di Blankon Linux


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم-

Latar Belakang

Bagi anda seorang mahasiswa tentunya sering sekali menggunakan Layar LCD Projector untuk media presentasi di dalam ruang kuliah, namun kali ini penulis tidak membahas tentang kerusakan LCD Projector namun hanya sekedar mencurahkan isi hati penulis yang ketika menjalani Sidang KKP (Kuliah Kerja Praktik) di hadapan para penguji layar tersebut tidak dapat di dual 😦 dan akhirnya pun dengan terpaksa penulis hanya menggunakan 1 layar di LCD Projector dan layar di laptop blank. Kebetulan waktu itu penulis masih menggunakan Blankon Rote, kalo tidak salah di pengaturan layar hanya tertera seting 1 Layar kanan kiri dan layar penuh tetapi hanya dapat digunakan di LCD Projector atau Layar Laptop, tidak ada opsi Mirror. Nah beberapa hari kedepan penulis akan menghadapi sidang Skripsi yang mana levelnya di atas KKP, tentunya hal teknis tersebut harus cepat di atasi. Sangat tidak nyaman sekali ketika harus ngoding “tanpa melihat” atau sedikit-sedikit menoleh ke belakang, sedikit-sedikit menoleh ke belakang,  menoleh ke belakang kok cuma sedikit.

Masalah

Tidak dapat melakukan Dual Layar di Monitor Laptop dan Layar LCD Projector.

Tujuan Penulisan

Agar tidak lagi terulang kisah pilu di malam minggu seperti yang penulis alami.

Batasan Masalah

  • Hanya fokus tentang masalah tidak dapat melakukan dual Layar di  Monitor Laptop dan Layar LCD Projector.
  • Penulis melakukan riset menggunakan OS Blankon Suroboyo :p (yang masih menggunakan win*os ayo pindah)

Metode Penelitian

a. Studi Kasus di Lab :p

b. Studi Kepustakaan (Mencari Literatur di Forum-Forum Linux)

c. Di Oprek sendiri

Spesifikasi Perangkat Keras dan Lunak yang digunakan

Linux Blankon 9.0

Monitor Samsung Electric Company 15 inci (hasil minjem Lab)

Laptop Presario CQ40

Spliter ATEN 2 Port (opsional)

Penyelesaian

Langkah pertama

layar1

Masuk ke Setting kemudian klik Display.

Langkah kedua

layar2

Klik Built-in display, disini penulis coba menggunakan Layar Samsung sebagai Layar keduanya selain Laptop.

Langkah ketiga

layar4

Maka nantinya akan muncul 4 Pilihan dan sekarang pilih mirror.

 Langkah keempat

IMG00994-20140410-1448

Berhasil ….sekarang bisa melakukan dual layar antara LCD Projector dengan Laptop maupun menggunakan Spliter sebagai jembatan penghubungnya.

Kesimpulan

Dan akhirnya tiba juga di kesimpulan 🙂 untuk kesimpulan kita kali ini bahwa dengan sangat bangga sekali akhirnya masalah penulis ketika dahulu sidang KKP dinyatakan telah SOLVED. #nangisharu

Saran

Jangan takut menggunakan Linux, hadapilah masalahnya bukannya hindari masalahnya, penulis yakin anda itu berjiwa roso, dan ketika semua itu terjadi dengan sangat bangga anda akan mengatakan #aku rapopo #ayoblankonan

Notes : Maaf bila sekiranya artikel ini tidak penting bagi anda, penulis sedang latihan menulis.

[Solved]Mengatasi “unknown host” di Blankon


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم

Sesaat setelah saya menginstall Blankon 9.0 dan mencoba browsing menggunakan WIFI kampus, saya menjumpai semua website tidak bisa di akses padahal waktu saya cek ping nya normal, tetapi anehnya ketika saya colok pake kabel LAN semua baik-baik saja. Kemudian untuk mengetest saya coba ping ke google namun muncul tulisan unknown host google.com.

uk1

Untuk mengatasi saya mencoba untuk mengubah DNS nya dengan memakai DNS dari google, untuk pengaturannya anda bisa ikuti petunjuk pada gambar di bawah ini..

uk2

Klik Kanan di Ikon Koneksi

uk3

Pilih koneksi yang sedang kita pakai dan klik Edit

Masukan DNS google seperti di gambar

Masukan DNS google seperti di gambar

Its Works

Its Works

[Blankon]Game Hang On, Man!


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم

Selamat malam , ada game yang menarik nih di blankon selain Pacman yaitu Hang On, Man!

hangonman1

Tangkapan Layar 1

hangonman2

Tangkapan Layar 2

hangonman3

Tangkapan Layar 3

hangonman5

Tangkapan Layar 4

Ingin nyoba game “Hang On, Man!” ? silahkan install aja dari synaptic package manager anda..loh saya ga pake blankon apa bisa? ubah aja ke repo blankon :p ,saya mau sourcecode nya aja dong boleh? boleh, silahkan anda download dan forking webapps-hangonman dari github pak @Aziz.

[Solved]Pasang Eclipse di Desktop Manokwari Linux


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم-

Selamat Malam, Kali ini saya akan coba berbagi sedikit trik terutama bagi teman-teman yang sering menggunakan Eclipse IDE di Blankon Linux dan Distro Linux yang lain pada umumnya, seringkali untuk menjalankan eclipse biasanya saya harus mencari letak nya yang biasanya saya taruh di Documents/Software, ah kadang capek kalo harus bolak balik kalau mau gunain eclipse, nah akhirnya saya coba iseng bikin bikin “shortcut” di desktop Blankon, bagi kalian yang juga beniat mencoba anda bisa mencoba cara ini

1. Simpan code ini di desktop dengan nama eclipse.desktop

[Desktop Entry]
Type=Application
Name=Eclipse
Comment=Eclipse Integrated Development Environment
Icon=/usr/share/icons/Komodo/apps/scalable/eclipse.svg
Exec=/home/anugrahbsoe/Documents/Programming/Java/eclipse/eclipse
Terminal=false
Categories=Development;IDE;Java;
StartupWMClass=Eclipse

2. sesuaikan letak file executeable eclipse anda

Tangkapan Layar

eclipse

jika anda merasa ada cara yang lebih efisien anda bisa memberitahu saya dan yang lain via layanan komentar di bawah ini. Sekian dan Terima Kasih. Salam Blankon

[Solved]Mengatasi Webcam yang gelap di Linux Blankon


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم-

Masalah :

Webcam gelap di linux

Cara Mengatasi :

  • Menggunakan GTK UVC Viewer atau
  • Menggunakan Video4 Linux Control Panel

Ubah settingan Gamma dan Gain jadi 3

Tangkapan Layar

guvciewer

Saya sengaja membuatnya sesingkat mungkin, bila ada yang kurang jelas bisa meninggalkan komentar di kolom yang disediakan